Jakarta, CNN Indonesia

Pendapatan Starbucks, KFC, dan McDonald’s kompak anjlok pada kuartal ini. Turunnya performa perusahaan ini lantaran penjualan turun.

Mengutip CNBC, Starbucks mengumumkan penurunan penjualan yang mengejutkan hingga saham pun amblas 17 persen pada Rabu (1/5) kemarin.

Yum, perusahaan induk dari Pizza Hut, KFC dan Taco Bell, juga melaporkan seretnya penjualan. Yum melaporkan pendapatan turun 3 persen menjadi US$1,60 miliar, jauh dari perkiraan. Gara-garanya, penjualan Pizza Hut turun 7 persen dan KFC 2 persen.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Total pendapatan KFC di AS merosot 8 persen, dan Pizza Hut merosot 6 persen. Kedua waralaba tersebut juga mengalami penurunan pendapatan di pasar Timur Tengah, Turki, dan Afrika Utara karena ketegangan geopolitik di wilayah tersebut, kata manajemen Yum.

Jebloknya penjualan jejaring restoran cepat saji asal Amerika Serikat (AS) ini telah diperkirakan ekonom.

Para ekonom memprediksi konsumen akan mengurangi pengeluaran seiring kenaikan harga-harga (inflasi) serta tingginya suku bunga.

Starbucks mengatakan cuaca buruk menurunkan penjualan. Sedangkan Yum menyalahkan badai salju yang terjadi di Januari sebagai pemicu jualan lesu.

Namun, alasan-alasan tersebut tidak sepenuhnya menjelaskan lemahnya kinerja mereka secara tiga bulanan.

Tidak jelas berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan penjualan rantai makanan cepat saji, meskipun para eksekutif memberikan jadwal dan rencana yang optimis untuk mengembalikan penjualan ke jalurnya.

Misalnya, Yum mengatakan kuartal pertama akan menjadi kuartal terlemah tahun ini.

Sementara itu, McDonald’s berencana menciptakan ‘value menu’ untuk menarik pelanggan yang hemat, meski rencana ini kemungkinan ditolak para pewaralabanya.

Sebab, meskipun kesepakatan mendorong penjualan, hal ini juga menekan keuntungan operator, terutama di pasar yang biaya operasionalnya sudah mahal.

[Gambas:Video CNN]

(pta)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *