Jakarta, CNN Indonesia

Nilai tukarĀ rupiah ditutup di level Rp16.255 per dolar AS pada Senin (29/4). Mata uang Garuda melemah 45 poin atau minus 0,28 persen dari penutupan perdagangan sebelumnya.

Sementara, kurs referensi Bank Indonesia (BI) Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) menempatkan rupiah ke posisi Rp16.249 per dolar AS pada perdagangan sore ini.

Serupa, mata uang di kawasan Asia juga dominan melemah. Peso Filipina turun 0,03 persen, ringgit Malaysia jatuh 0,09 persen, rupee India minus 0,11 persen, baht Thailand melemah 0,19 persen, dan won Korea Selatan ambruk 0,20 persen.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penguatan dialami oleh dolar Hong Kong yang naik 0,02 persen, dolar Singapura plus 0,21 persen, dan yen Jepang melesat 1,74 persen. Sedangkan yuan China mandek.

Namun, mata uang negara maju serempak perkasa. Poundsterling Inggris tumbuh 0,31 persen, euro Eropa naik 0,24 persen, franc Swiss melesat 0,31 persen, dolar Kanada menguat 0,12 persen, dan dolar Australia bangkit 0,47 persen.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan fokus minggu ini tertuju pada pertemuan The Fed. Bank sentral AS itu diperkirakan bakal mempertahankan suku bunga dan berpotensi menawarkan pandangan hawkish, mengingat masih kakunya inflasi Negeri Paman Sam.

“Prospek suku bunga yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama menjadi pertanda buruk bagi pasar Asia. Ini sebuah gagasan yang membuat sebagian besar mata uang regional berada pada kisaran yang ketat pada Senin ini,” katanya dalam keterangan resmi.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *