Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkap belum ada tindak lanjut dari minat CEO Apple Tim Cook untuk berinvestasi di Indonesia.

Sebelumnya, Cook memang sempat menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan dan menyatakan minatnya untuk menanamkan modal di Tanah Air.

“CEO Apple yang akan masuk investasinya sekitar Rp1,5 triliun. Jujur saja, sampai dengan sekarang belum ada komunikasi ke pihak kami. Mungkin komitmen sudah sampai kepada Bapak Presiden, tapi tindak lanjutnya belum,” ujar Bahlil dalam konferensi pers di Kementerian Investasi/BKPM, Jakarta Selatan, Senin (29/4).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia pun menyatakan hingga saat ini pihaknya serta badan usaha yang mendapatkan nomor induk berusaha (NIB) belum menerima adanya permohonan investasi yang masuk dari perusahaan produsen iPhone tersebut.

“Tapi feeling saya, mungkin proses awalanya ini karena di-handle oleh kementerian teknis. Mungkin lebih cocok mereka yang bisa memberikan informasi, agar valid,” lanjutnya.

Ia menambahkan dirinya belum bisa menjelaskan terkait investasi Apple di Indonesia secara detail dikarenakan pada kala itu dirinya masih berkunjung ke luar daerah sehingga tidak ikut mendampingi Cook.

Cook sebelumnya berkomitmen menggelontorkan investasi di Indonesia sebesar Rp1,6 triliun. Dengan dana itu, ia menyampaikan bahwa pihaknya bakal melanjutkan pembangunan program pengembangan talenta digital Apple Developer Academy di empat titik wilayah di Indonesia.

Ia pun telah bertemu Jokowi guna membahas hal tersebut. Dalam pertemuan itu, keduanya juga membicarakan soal keinginan Jokowi agar raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) itu membuka pabrik di dalam negeri.

Mereka pun berdialog terkait potensi besar yang ada di Indonesia beserta komitmen Apple terhadap Indonesia ke depan.

Cook juga mengungkapkan kepercayaannya untuk berinvestasi ke Indonesia. Kendai pada 2016 silam, perusahaan teknologi multinasional itu urung memutuskan untuk membangun pabriknya di Tanah Air.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *