Jakarta, CNN Indonesia

DPR RI meminta pemerintah menyusun konsep student loan di tengah mahal uang kuliah tunggal (UKT) hingga maraknya pinjaman online (pinjol).

Konsep pinjaman untuk mahasiswa ini kembali mencuat dalam rapat antara Komisi X DPR RI dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim. Anggota DPR RI bertanya kepada Nadiem bagaimana nasib student loan tersebut.

Student loan itu sebenarnya usulan di sini (Komisi X DPR RI). Kita bilang jangan pinjol dong, tapi Himbara bikin sebuah konsep student loan. Nanti silakan pemerintah (menjelaskan),” kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf dalam rapat kerja tersebut, Selasa (21/5).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di lain sisi, Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira skeptis jika benar pinjaman mahasiswa itu diberlakukan. Ia khawatir opsi yang awalnya diharapkan mempermudah malah membuat mahasiswa makin sengsara.

Andreas mencontohkan kasus viral pada awal 2024 lalu di Institut Teknologi Bandung (ITB). Kampus di Tanah Priangan itu membuat geger karena bekerja sama dengan pinjol Danacita untuk membantu pembiayaan UKT mahasiswa.

“Mohon penjelasan berkaitan dengan hal ini. Kami juga mohon untuk sangat hati-hati berkaitan dengan student loan ini,” wanti-wanti Andreas kepada Nadiem.

“Karena kita tahu dengan pinjaman-pinjaman komersial sekarang ada dan tawaran-tawaran seperti itu, untuk mahasiswa kita tidak terjebak di dalam pinjaman yang menjerat masa depan mereka,” sambungnya.

Mendikbudristek Nadiem Makarim menegaskan student loan masih jauh dari kata sepakat. Ia menyebut opsi pinjaman mahasiswa baru sampai di tahap diskusi internal.

Mantan bos perusahaan teknologi di bidang transportasi bernama Gojek itu menegaskan butuh waktu lama untuk menggolkan usul tersebut. Nadiem menyebut pihaknya juga harus diskusi panjang dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani beserta jajaran.

“Untuk saat ini, (student loan) masih dibahas secara internal. Belum ada detail yang cukup rinci untuk bisa diumumkan. Saat ini masih wacana mengenai student loan,” tegas Nadiem.

“Dan itu masih perlu pembahasan yang cukup panjang dengan Kementerian Keuangan, jadi belum ada keputusan atau detail yang cukup bisa saya umumkan sekarang. Baru tahapan diskusi,” imbuhnya.

Menkeu Sri Mulyani juga irit bicara ketika ditanya bagaimana progres pembahasan student loan tersebut.

Wanita yang akrab disapa Ani itu bahkan mengaku sama sekali belum mengetahui bentuk proposal dari Kemendikbudristek.

“Belum mendapatkan informasi dan proposalnya, jadi aku belum bisa komentar balik,” kata Ani di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (22/5), dikutip dari detikcom.

(skt/agt)







Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *