Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan blak-blakan soal tugas anyar dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi koordinator investasi Apple di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Luhut menyebut dirinya ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan CEO Apple Tim Cook di Istana Negara, Jakarta Pusat. Salah satu hasil pertemuan pada Rabu (17/4) itu adalah menunjuk Luhut menjadi wakil dari Indonesia untuk mengawal investasi Apple.

“Presiden (Jokowi) memerintahkan saya untuk segera merespons rencana mereka mau investasi dalam jumlah yang cukup besar di Indonesia. Dia (Tim Cook) sangat tertarik dengan IKN, itu juga yang menarik. Dia bilang, kami (Apple) mau investasi, terutama dalam bidang artificial intelligence (AI) di IKN,” ucap Luhut di Instagram pribadinya, Kamis (18/4).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Dia (Tim Cook) melihat Indonesia market potensial, apalagi dengan demografi bonus yang masih ada sampai 2030, ini harus kita kapitalisasi. Dia (Apple) mau investasi di Indonesia, dia memerintahkan stafnya untuk segera follow up,” sambungnya.

Luhut mengatakan Cook takjub dengan Indonesia. Menurutnya, bos Apple itu baru sadar negara pimpinan Presiden Jokowi ini sangat potensial.

Menko Marves Luhut merinci sejumlah aspek ekonomi Indonesia yang dinilai menjanjikan sebagai pintu masuk investasi Apple. Ada penduduk yang melimpah hingga 282 juta orang, pertumbuhan ekonomi yang stabil, bagusnya aspek makroekonomi, serta inflasi yang baik.

Berdasarkan sederet aspek tersebut, Tim Cook berjanji akan menanamkan modalnya di Indonesia. Salah satu yang dilirik adalah IKN Nusantara.

“Malah Presiden (Jokowi) perintahkan saya, katakan ‘Pak Luhut ini masa kompetisi, jadi kalau di Thailand atau India dia (Apple) dapat dua (insentif), ya kalau kita bisa kasih lebih dua koma berapa, harus bisa kita,” beber Luhut soal arahan Jokowi.

“Saya pikir sangat benar sekali arahan presiden. Tinggal kami dan tim menggodok ini. Saya berharap dalam beberapa waktu ke depan kita akan bertemu teknis dengan tim dari Apple,” tutupnya.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan Apple bakal berinvestasi Rp1,6 triliun di Indonesia. Penanaman modal ini dalam bentuk pembangunan infrastruktur pendidikan, yakni Apple Developer Academy.

Apple Developer Academy bakal dibangun di empat daerah, yakni Bali, Batam, Surabaya, dan Tangerang Selatan.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *