Jakarta, CNN Indonesia

Momen bersejarah baru saja terukir dalam sepak bola Asia Tenggara. Shopee baru saja mengumumkan kerja sama dengan ASEAN Football Federation (AFF) untuk menggelar kompetisi Shopee Cup Asean Club Championship 2024/2025.

Turnamen ini menandakan tonggak penting dalam perkembangan sepak bola di kawasan ASEAN. Nantinya klub-klub sepak bola terbaik di Asia Tenggara akan berkompetisi memperebutkan gelar juara Shopee Cup Asean Club Championship 2024/2025.

Presiden Federasi Sepak Bola Asia Tenggara atau ASEAN (AFF), Mayor Jenderal, Khiev Sameth mengatakan, Shopee Cup hadir untuk menaungi tingginya ketertarikan dan antusiasme masyarakat terhadap sepak bola. Kompetisi ini juga sekaligus menjadi wadah untuk klub sepak bola ASEAN agar bisa terus maju dan berkembang di kancah internasional, khususnya Asia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Hari ini menandai langkah bersejarah pada sepak bola ASEAN. Shopee Cup akan menjadi aspek penting dalam menciptakan masa depan yang menarik bagi klub sepak bola ASEAN dan mentransformasi permainan di wilayah ini. Turnamen ini akan memupuk aspirasi bagi klub-klub ternama untuk menjadi juara ASEAN dan tampil sukses di Asia,” ujar Khiev Sameth.

Khiev Sameth pun mengapresiasi kerja sama dengan Shopee dalam menghadirkan turnamen resmi Asean Club Championship 2024/2025. Dia berharap, kompetisi ini bisa memajukan dan mengembangkan klub sepak bola di Asia Tenggara.

“Sebagai perwakilan dari Dewan AFF, saya ingin menyampaikan apresiasi kami atas kemitraan dan dukungan yang diberikan oleh Shopee. Kami berharap dapat bekerja sama dengan Shopee serta mitra komersial, SPORTFIVE, untuk menyelenggarakan acara kelas dunia dan mengembangkan fan base ASEAN ke level yang lebih tinggi,” sambungnya.

Shopee Cup yang berlangsung mulai 17 Juli 2024 hingga 21 Mei 2025 ini akan hadir dalam format liga dengan terdiri dari babak kualifikasi play-off dan fase grup. Sebanyak 12 klub ternama dari ASEAN akan bertanding dengan sistem kandang dan tandang untuk memperebutkan gelar juara Shopee Cup Asean Club Championship 2024/2025.

Juara dan runner-up liga nasional dari Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam, serta juara liga nasional dari Filipina dan Singapura akan mendapatkan tiket otomatis ke babak penyisihan grup. Dua tim tambahan akan ditentukan melalui babak kualifikasi yang diperebutkan oleh juara liga nasional dari Brunei, Kamboja, Laos, dan Myanmar.

Nantinya, 12 klub tersebut akan diundi ke dalam dua grup dan akan memainkan sistem kandang-tandang. Drawing fase grup Shopee Cup akan dilaksanakan pada minggu pertama bulan Mei.

Juara dan runner-up dari masing-masing grup akan lolos ke semifinal. Dua pemenang akan beradu di final untuk memperebutkan sebagai yang terbaik di Shopee Cup Asean Club Championship 2024/2025.

Adapun kehadiran Shopee sebagai mitra resmi AFF dalam kompetisi Shopee Cup Asean Club Championship 2024/2025 menuai berbagai sambutan positif dan antusias besar dari masyarakat Indonesia.

Sejak peresmiannya pada Kamis (4/4) kemarin, Shopee Cup langsung menjadi topik pembicaraan hangat di media sosial. Banyak netizen menilai kehadiran turnamen Shopee Cup ini merupakan langkah positif yang ditunggu-tunggu bagi klub-klub sepak bola di ASEAN.




ShopeeFoto: Arsip Istimewa

“Kenapa ASEAN Club Championship adalah langkah bagus? Karena jatah di kompetisi Asia yg dikit banget, & buat lolos ke babak utama aja panjang banget jalurnya, Ini bikin ASEAN Club punya kompetisi internasional lain. Selain aspek kompetitif ya ini opportunity bisnis buat klub,” tulis akun @aunrrahman.

“Untuk menambah pengalaman tim tim asean di kancah internasional,” timpal akun @frurx.

“Hari ini AFF mengadakan media conference utk promosi Asean Club Championship aka Shopee Cup! Rencananya turnamen ini akan diikuti 12 tim terbaik Asean, dan drawing akan dilaksanakan pb bulan Mei! Asik nih, bisa away keliling Asean! Seruuuu…” kata akun @garagarabola_

“Mayan buat tim indonesia, bisa ikut kompetisi lain selain liga,” tutur akun @Fernandez8En.

“Wihhhh kerenn,” ujar @zojimm.

“Menarik,” kata @emer_pahlevi.

“Turnamen yang sebenarnya sudah eksis dari tahun 03-05 tapi vakum dua periode akhirnya kembali‼️ Hari ini (4/4), ASEAN Club Championship Shopee Cup 2024/2025 resmi diperkenalkan di Singapura. Setidaknya event antar klub regional ini bisa menjadi kompetisi alternatif di SE Asia,” kata @labiebsadat.

Jadi jangan lewatkan Shopee Cup Asean Club Championship 2024/2025 yang akan menyuguhkan pertandingan-pertandingan berkualitas tinggi, rivalitas sengit antar klub, dan atmosfer gemuruh penonton di stadion. Termasuk jangan lupa untuk memberikan dukungan bagi klub di Indonesia yang akan ikut berkompetisi di turnamen ini.

(ory/ory)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *